MULIA KARENA
LIDAH YANG TERJAGA
إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ
وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا
وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ
فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ
مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.
اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.
يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا
اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ
الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ
مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ
بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا
يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا، أَمّا بَعْدُ ...
فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.
يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا، أَمّا بَعْدُ ...
فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.
Pembaca yang
terhormat..
Allah Ta’ala berfirman,
مَا يَلْفِظُ مِن قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ
"Tiada suatu ucapan pun yang diucapkan melainkan ada
di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir." (Qaf: 18).
Sesungguhnya lisan merupakan salah satu nikmat Allah yang
amat besar dan salah satu ciptaan Allah yang menakjubkan. Ben-tuknya kecil,
namun perannya besar dalam ketaatan dan kemak-siatan. Bahkan kekufuran dan
keimanan tidak bisa diketahui dengan jelas kecuali dengan persaksian lisan,
padahal keduanya merupa-kan puncak dari ketaatan dan kemaksiatan.
Pembaca yang kami
muliakam........
Lisan merupakan salah satu ayat-ayat Allah. Allah berfirman,
وَلِسَاناً وَشَفَتَيْنِ وَهَدَيْنَاهُ النَّجْدَيْنِ
"lidah dan dua
buah bibir. Dan kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan." (Al-balad:
9-10).
Pembaca yang
berbahagia
Apa peran lisan
Lisan adalah raja atas semua anggota tubuh. Semua tunduk
dan patuh kepadanya. Jika ia lurus, niscaya semua anggota tubuh ikut lurus.
Jika ia bengkok, maka bengkoklah semua anggota tubuh.
Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,
إِذَا أَصْبَحَ ابْنُ آدَمَ فَإِنَّ الْأَعْضَاءَ كُلَّهَا تُكَفِّرُ اللِّسَانَ فَتَقُوْلُ: اِتَّقِ اللهَ فِيْنَا فَإِنَّمَا نَحْنُ بِكَ فَإِنِ اسْتَقَمْتَ اسْتَقَمْنَا وَإِنِ اعْوَجَجْتَ اِعْوَجَجْنَا.
"Apabila anak
cucu adam masuk waktu pagi hari, maka seluruh anggota badan tunduk kepada
lisan, seraya berkata, 'bertakwalah kepada Allah dalam menjaga hak-hak kami,
karena kami mengikuti-mu, apabila kamu lurus, maka kami pun lurus, dan apabila
kamu bengkok, maka kami pun bengkok'." (HR. At-Tirmidzi dan Ahmad).
Seorang manusia bisa masuk surga disebabkan lisannya.
Apa-bila benar lisannya, maka dia akan mendapatkan pahala, dan seba-liknya bila
salah maka dia mendapatkan dosa. Lisan manusia bisa mewujudkan dzikir, tasbih,
dan tahlil, atau membaca al-qur`an, atau ucapan amar ma'ruf nahi munkar,
berbuat baik kepada manu-sia, dan mengajak mereka kepada kebaikan. Lisan adalah
salah satu nikmat Allah jika dipergunakan oleh hamba untuk kebaikan, petunjuk,
dan keshalihan.
Pembaca Yang Budiman
Menjaga lisan
Lisan memang senang mengembara ke tempat yang tak
bertujuan, lahannya luas tiada terbatas dan bertepi. Ia memiliki peran yang
besar di dalam lahan kebajikan, dan juga di dalam keburu-kan. Maka barangsiapa
yang mengumbar lisannya dengan bebas dan tidak mau mengendalikannya, maka setan
akan menggiring-nya ke dalam segala sesuatu yang dia ucapkan. Lalu menyeretnya
ke jurang kehancuran, dan selanjutnya jatuh ke dalam kebinasaan.
Tidak seorang pun dapat selamat dari tergelincirnya lisan
kecuali orang yang mau mengendalikannya dengan tali kekang syariat, sehingga
lisannya tidak mengucapkan kecuali sesuatu yang memberi manfaat di dunia dan
akhirat.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِالله وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ.
"Barangsiapa
yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hen-daklah dia berkata baik atau
diam." (HR. Al-bukhari dan muslim).
Larangan Ghibah
Ketahuilah bahwa ghibah termasuk perbuatan yang paling
buruk dan paling tersebar di antara manusia, sehingga mereka tidak selamat
darinya melainkan hanya segelintir orang saja. Batasan ghibah yaitu engkau
memperbincangkan saudaramu dengan sesuatu yang jika hal itu didengar atau
sampai ke telinganya, maka dia merasa tidak senang, baik itu mengenai badan,
nasab, perilaku, perbuatan, ucapan atau dalam urusan agamanya, bahkan sampai
pakaian yang dia kenakan, rumah tinggal, dan kendaraannya.
Dan rasulullah shallAllahu ‘alaihi wasallam bersabda,
لَمَّا عُرِجَ بِيْ مَرَرْتُ بِقَوْمٍ لَهُمْ أَظْفَارٌ مِنْ نُحَاسٍ يَخْمِشُوْنَ وُجُوْهَهُمْ وَصُدُوْرَهُمْ فَقُلْتُ: مَنْ ؤُلاَءِ يَا جِبْرِيْلُ؟ قَالَ: ؤُلاَءِ الَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ لُحُوْمَ النَّاسِ وَيَقَعُوْنَ فِي أَعْرَاضِهِمْ.
"ketika saya
diangkat (pada peristiwa isra' mi'raj), maka saya me-lewati kaum yang memiliki
kuku dari tembaga. Mereka mencakar wajah dan dada mereka. Saya bertanya,
'siapakah mereka wahai jibril?' jibril menjawab, 'mereka adalah kaum yang
memakan daging manusia (maksudnya melakukan ghibah), dan merusak kehormatan
mereka'." (HR. Abu dawud).
Dalam hadits ini digambarkan dengan jelas bahwa Allah q
menghukum orang yang melakukan ghibah. Mereka digambarkan sebagai orang yang
memakan daging manusia. Di akhirat nanti, mereka mencakar wajah dan dada
mereka.
Pembaca Rokhimakumullah,,,,
Hukum ghibah adalah haram berdasarkan ijma' kaum
muslimin. Dan telah jelas dalil-dalil yang sharih tentang keharamannya dari
al-kitab, as-sunnah dan ijma'.
Allah ta’ala berfirman,
وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضاً
"Janganlah sebagian
kamu menggunjing sebagian yang lain." (Al-Hujurat :12).
Dia juga berfirman,
Dia juga berfirman,
وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ
"kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela." (Al-Humazah:
1).
Al-humazah
bermakna, orang yang mengumpat manusia dan dia menyakiti mereka dengan
ketidakhadiran mereka, sedangkan al-lumazah bermakna orang yang mencela manusia
dan menyakiti mereka dengan kehadiran mereka. Dan mungkin al-humazah ada-lah orang
yang menyakiti manusia dengan perkataannya, sedangkan al-lumazah adalah orang
yang menyakiti mereka dengan per-buatan dan tindak-tanduknya, dan dalam riwayat
lain dikatakan maknanya adalah selain hal tersebut yang masih mencakup
makna-makna ini.
Dia
juga berfirman,
هَمَّازٍ مَّشَّاء بِنَمِيمٍ
"yang banyak mencela, yang kian ke mari
menghambur fitnah." (Al-Qalam: 11).
Anjuran bagi
lisan untuk bertutur kata yang lembut
Kata-kata yang manis memang terbukti bisa menghipnotis
manusia. Ia bisa menghanyutkan manusia dalam buaiannya. Pen-dapat ini bertitik
tolak pada fitrah manusia yang selalu ingin dihargai atau bahkan dipuji. Tutur
kata yang manis juga bisa memotivasi orang lain untuk berbuat baik dan
meninggalkan perbuatan mungkar.
Sebuah kritikan yang tajam, namun dibungkus dengan tutur
kata yang halus lebih bisa diterima oleh orang yang dikritik. Dan sebaliknya,
penyampaian dakwah kebenaran secara vulgar dan kasar kepada umat manusia
terkadang akan berakibat sebaliknya. Metode tersebut tidak hanya kurang
efektif, bahkan bisa memunculkan sikap antipati dari objek dakwah. Allah
memberikan dalam kelembutan sesuatu yang tidak diberikannya dalam kekerasan.
Inti dakwah islam adalah saling nasihat menasihati,
nasihat bagi Allah, rasulullah, para pemimpin, dan kaum muslimin. Dalam sebuah
hadits disebutkan, "tolonglah
saudaramu yang zhalim dan dizhalimi." dan cara menolong saudara yang
zhalim adalah menasihatinya agar tidak melakukan kezhaliman dan kemungkaran.
Rasulullah shallAllahu ‘alaihi wasallam bersabda,
إِنَّ الرِّفْقَ لَا يَكُوْنُ فِي شَيْءٍ إِلَّا زَانَهُ وَلَا يُنْزَعُ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا شَانَهُ.
"sesungguhnya
kelembutan, tidaklah terdapat pada sesuatu melainkan ia akan menghiasinya, dan
tidaklah ia terlepas dari sesuatu melainkan ia akan menodainya." (HR.
Muslim).
Kami berharap mudah-mudahan Allah memberikan kita
petunjuk untuk melaksanakan perintahnya dan melaksanakan kebaikan sesuai dengan
syariat. Mudah-mudahan Allah menjadi-kan hari-hari kita penuh dengan amal
shalih yang akan membawa kita kepada kebahagiaan dan ketenangan. Mudah-mudahan Allah
senantiasa memberikan hidayah pada segala urusan kita, khususnya dalam menjaga
lisan kita dan memberikan petunjuk kepada kita se-mua dalam menapaki jalannya
yang lurus, jalan orang-orang yang Allah berikan nikmat kepada mereka, jalan
para nabi, orang-orang yang jujur, dan para syuhada, serta orang-orang yang
shalih, bukan jalan orang-orang yang dimurkai dan bukan jalan orang-orang yang
tersesat.